Fish

Kamis, 22 September 2011

LED Di Dalam Cover Kipas Honda Beat

Hingga saat ini masih banyak aksesori lampu LED (Light Emiting Dioda) diaplikasi motormania. Tapi kebanyakan LED yang dipasang hanya bagian luar saja seperti stoplamp, lampu bagasi, bodi dan sebagainya.

Nah, kini bisa juga lo diterapkan di mesin. Wekss..kayak gimana tuh? Yaitu dipasang dalam cover kipas pendingin mesin skutik. Seperti yang dilakukan Wisnu Prabowo pada Honda BeAT kesayangannya.

“Gue coba berimprovisasi pakai lampu LED dalam cover kipas. Karena di balik cover kipas masih ada ruang. Cukup buat dipasangin LED biar mesin kelihatan keren dalam gelap,” tutur pria kreatif  jebolan elektronika ini.
 
Pemilik toko Lampu Led Motor (LLM) di Depok, Jabar tersebut pun tak pelit untuk memberikan tips cara pemasangannya lampu LED tersebut agar besutan Anda menjadi lebih berwarna.

Siapkan saja lampu LED yang dimaksud seharga Rp 40 ribu, mempunyai 2 kabel (gbr.A). Langkah pertama, lepaskan cover dek bawah paka obeng kembang. Dilanjutkan, membuka 2 baut tutup kipas pake kunci T-8 dan 2 baut dengan obeng kembang (gbr.1).

Trus, tarik keluar cover kipas itu. Tapi hati-hati karena terdapat pegangan kabel yang ada di luar sebelah atas cover. Langkah berikutnya, masukkan lampu LED tadi ke dalam got cover kipasnya (gbr.2).

“Usahakan posisi LED rata dengan pinggiran cover. Karena kalo ketinggian bisa kena kipas pendingin,” saran pria yang membuka gerai di Jl. RTM Raya, RT011/01, Depok, Jabar ini.
 
Setelah itu, rekatkan sealant akuarium di atas lampu LED tadi sambil diratakan pake jari (gbr.3) dan tunggu sampai kering. Gunanya agar LED itu gak gampang lepas dan juga terhindar dari kotoran atau air. “Pastikan juga LED-nya nongol, biar cahayanya lebih terang,” tambahnya.

Untuk penyambungan motor berarus AC, gak boleh mengambil arus dari lampu senja. Karena nyala-nya lampu itu tidak stabil alias mengikuti putaran mesin, sehingga LED mudah putus. Solusinya, bisa ambil arus dari kunci kontak atau langsung ke aki dengan bikin sakelar On-Off.

Kalau motor berkelistrikan lampu depan model DC, baru bisa disambungkan ke lampu senja. “Boleh juga disambungkan langsung ke sekring 10A dan ke ground (-) aki (gbr.4). Jadi, saat kunci kontak On, lampu LED langsung menyala,” tutupnya sambil berpesan tiap 2 bulan sebaiknya dicek kebersihan lampu tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar